KATA
PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan atas kehadirat
Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga kami dapat menyelesaikan
makalah E-Commerce mengenai “Analisa Terhadap Grab” ini dengan lancar.
Makalah ini disusun untuk memenuhi
salah satu tugas kelompok Mata Kuliah E-Commerce jurusan Manajemen semester 5,
STIE Insan Pembangunan. Makalah ini dapat disusun dan diselesaikan
dengan bantuan dari berbagai pihak, baik dari dosen pembimbing, orang tua dan
rekan-rekan. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak
yang telah membantu dalam proses penyusunan makalah ini sehingga makalah ini
dapat diselesaikan dengan baik.
Semoga dengan disusunnya makalah ini dapat
bermanfaat bagi kami dan khususnya bagi pembaca. Kami menyadari bahwa dalam
penulisan makalah ini sangat jauh dari sempurna, untuk itu kami mengharapkan
kritik dan saran yang bersifat membangun agar menjadi lebih baik di hari yang
akan datang.
BAB
I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi
komunikasi yang cukup pesat memberikan perubahan sosial masyarakat. Banyak
bisnis mulai bermunculan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi
tersebut, salah satunya adalah kemunculan bisnis penyedia layanan jasa transportasi
online.
Adanya transportasi online ternyata memberikan solusi dan menjawab berbagai
kekhawatiran masyarakat akan layanan transportasi umum. Kemacetan ibukota dan
ketakutan masyarakat dengan keamanan transportasi umum sudah dijawab dengan
kehadiran transportasi online yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi
penggunanya.
Kehadiran transportasi
online merupakan
penerapan teknologi komunikasi
tepat guna di saat masyarakat membutuhkan sarana transportasi yang
aman dan bisa menjadi
solusi saat macet. Terlebih lagi, dengan penggabungan layanan transportasi
dengan kecanggihan teknologi Internet sehingga masyarakat lebih mudah melakukan
pemesanan, mengetahui rate biaya transportasi, lokasi tujuan dan identifikasi
driver yang merupakan suatu bentuk inovasi baru dalam dunia bisnis
transportasi. Salah satu perusahaan jasa penyedia layanan transportasi online
berbasis aplikasi yaitu Grab, perusahaan yang berasal dari Malaysia ini
berhasil membawa Grab sebagai salah satu penyedia layanan transportasi online
terbesar di Indonesia dan juga negara-negara lain di Asia Tenggara.
B. RUMUSAN MASALAH
- Bagaimana sejarah munculnya Grab dan pengertian Grab itu sendiri?
- Apa saja pendekatan Grab untuk menciptakan platform transportasi yang aman?
- Apa saja layanan transportasi yang disediakan oleh Grab?
- Bagaimana langkah-langkah menggunakan aplikasi Grab?
- Bagaimana prospek Grab menggunakan analisa SWOT?
BAB II
PEMBAHASAN
A.
SEJARAH DAN
PENGERTIAN GRAB
Pada tahun 2012
dikabarkan ada sekolompok teman yang sedang menikmati teh bersama. Seperti
warga Asia Tenggara pada umumnya, mereka mulai mengeluh tentang sulitnya
mendapat taksi. Namun setelah itu, mereka melakukan sesuatu yang tidak biasa.
Mereka memutuskan untuk menyelesesaikan masalah ini. Mereka merupakan inisiator
kami, Grab (yang saat itu dikenal sebagai MyTeksi). Dalam waktu yang singkat,
tujuan sederhana kami bertransformasi menjadi sesuatu yang lebih besar –
membuat Asia Tenggara jadi tempat yang lebih baik.
Grab (sebelumnya
dikenal sebagai GrabTaxi) adalah sebuah perusahaan asal
Singapura yang melayani aplikasi penyedia transportasi dan tersedia di
enam negara di Asia Tenggara yakni, Malaysia, Singapura, Vietnam,
Filipina, Indonesia dan Thailand. Grab memiliki visi untuk merevolusi industri pertaksian di
Asia Tenggara, sehingga dapat memberikan keamanan serta kenyamanan bagi
pengguna kendaraan seantero Asia Tenggara. Hingga bulan Maret 2015, jumlah pengguna Grab mencapai 3,8 juta pengguna. Grab
tersedia untuk sistem operasi Android, iOS dan BlackBerry.
B. PENDEKATAN YANG DILAKUKAN GRAB
Beberapa pendekatan yang diterapkan grab
untuk menciptakan platform transportasi yang aman :
Setiap pengemudi dan kendaraan akan dicek saat registrasi dan wajib mempertahankan bintang penilaian di atas standar minimum yang telah ditetapkan.
- Pelatihan dan Kode Etik
Grab senantiasa meningkatkan sistem pelatihan dan Kode Etik untuk memastikan layanan yang terbaik.
- Fitur Kemanan
Grab terus berinovasi demi kemanan Anda. Bahkan, kami memperkenalkan fitur “Share My Ride” yang pertama di industri.
- Asuransi dan Bantuan 24 Jam
Grab melindungi Anda dengan tambahan proteksi Kecelakaan Pribadi, Call Center 24 Jam dan Tim Tanggap Darurat.
Semua orang harus
memiliki akses terhadap transportasi.
Karena bagi Grab, transportasi adalah hak, bukan
keistimewaan. Itu sebabnya Grab bekerja sangat keras dalam menciptakan platform
yang mendukung segala kebutuhan Anda, tanpa memandang pendapatan, usia, dan
kebutuhan khusus:
- Pilihan
Apakah itu taksi, mobil, sepeda motor atau
kendaraan lainnya, semua perjalanan dipatok dengan harga yang tepat . Jadi ada
pilihan untuk segala kebutuhan.
- Pintu
ke Pintu
Kami percaya transportasi dari pintu ke
pintu dapat dijangkau oleh semua orang. Bukan hanya karena itu adalah sesuatu
yang menyenangkan. Tapi karena bagi orang berkebutuhan khusus hal ini adalah
sesuatu yang wajib dimiliki.
- Dimanapun,
kapanpun
Mulai dari berangkat kerja di pagi hari,
sampai pulang setelah bergaul, Grab berencana untuk selalu ada bagi Anda.
C. LAYANAN YANG DISEDIAKAN GRAB
1.GrabBike
GrabBike
beroperasi selama 24 jam dari Senin sampai Minggu dan saat ini GrabBike sudah
beroperasi di area JADETABEK (Jakarta, Depok, Tangerang Selatan & Kota
Bekasi). Penumpang yang menggunakan GrabBike akan mendapatkan harga yang pasti
serta masker & pelindung kepala secara GRATIS.
2.GrabCar
GrabCar beroperasi
selama 24 jam setiap hari dan 7 hari dalam seminggu dengan biaya minimum untuk
menggunakan layanan GrabCar adalah Rp. 10.000. Saar ini, GrabCar sudah
beroperasi di Jakarta dan sekitarnya serta Denpasar dan sekitarnya. Tak perlu
khawatir biaya akan lebih besar jika terjebak macet saat menggunakan GrabCar
karena biaya perjalanan tidak akan pernah berubah, penumpang hanya membayar
biaya sesuai dengan yang tertera di aplikasi ketika melakukan pemesanan.
Maksimum jumlah penumpang dalam GrabCar adalah 6 orang atau tergantung dengan
jumlah kursi penumpang yang tersedia. Apabila jumlah penumpang melebihi batas,
GrabCar tidak akan menambahkan biaya tetapi pengemudi mempunyai hak untuk
menolak permintaan bila jumlah maksimal penumpang melewati batas. Mobil yang
disediakan pun beragam, sebagian besar dari GrabCar adalah berjenis MPV dan
Family Car. Untuk Anda yang ingin membatalkan perjalanan yang sudah dipesan,
GrabCar tidak menerapkan biaya pembatalan, tetapi disarankan untuk
menginformasikan pengemudi bila adanya pembatalan agar pengemudi tidak mengarah
menuju lokasi penjemputan.
3.GrabTaxi
GrabTaxi
beroperasi selama 24 jam setiap hari dan 7 hari dalam seminggu. GrabCar sudah
beroperasi di JADETABEK (Jakarta, Depok, Tangerang Selatan dan Kota Bekasi),
Bandung, Padang dan Surabaya. Berbeda dengan GrabCar dimana penumpang membayar
tarif yang tercantum di aplikasi, GrabTaxi mengharuskan penumpang membayar
sesuai dengan argo dalam taksi sedangkan tarif yang tertulis di aplikasi
hanyalah estimasi biaya perjalanan yang harus dikeluarkan oleh penumpang pada
saat akan menggunakan layanan GrabTaxi. Tidak ada biaya pemesanan yang
dikenakan bagi penumpang tetapi ada biaya tambahan lain yang menjadi tanggung
jawab penumpang dan harus dibayarkan oleh penumpang seperti biaya parkir, tol
dll. Jenis taksi yang akan didapat saat memesan GrabTaxi merupakan taksi resmi
yang telah bermitra dengan Grab. Para pengemudi yang terdaftar pun telah
terseleksi, berlisensi dan telah melalui pelatihan keselamatan/safety training.
4. GrabExpress
GrabExpress adalah
layanan kurir secara kilat dan aman menggunakan GrabBike yang dapat dipesan
melalui aplikasi Grab. GrabExpress dapat digunakan setiap hari selama 24 jam
dan dapat digunakan untuk mengirimkan dokumen penting, jas hujan yang tertinggal
hingga pengiriman pesananmu dari online shop favoritmu. GrabExpress tidak
menerima pengiriman barang pecah-belah yang tidak dikemas dengan baik, makanan
maupun minuman yang membutuhkan pendingin ataupun penanganan khusus, minuman
beralkohol, obat-obatan, perhiasan, uang tunai ataupun benda lain yang dilarang
oleh ketentuan undang-undang yang berlaku di Indonesia. GrabExpress sudah
beroperasi di seluruh JADETABEK (Jakarta, Depok, Tangerang Selatan dan Kota
Bekasi). Apabila terjadi kerusakan selama proses pengiriman oleh GrabExpress,
segera laporkan ke customer service melalui pengiriman email ke support.id@grab.com. Jangan lupa untuk mencantumkan nomor booking serta
nomor telepon yang dapat dihubungi. Untuk keperluan asuransi, laporan sudah
harus masuk ke customer service Grab paling lama 3 x 24 jam dari proses
booking. Seluruh pengiriman paket melalui GrabExpress terasuransikan hingga Rp.
10.000.000 kecuali beberapa jenis barang yang tidak bisa diasuransikan seperti:
Kertas dan dokumen,
voucher, kupon, giro, barang antik, barang pecah belah, cairan dan bahan kimia,
senjata, makanan, minuman, buah dan sayuran segar, karangan bunga, barang mudah
meledak/terbakar, alkohol dan obat terlarang, binatang hidup, uang kas, barang
paket yang melebihi ukuran yang direkomendasikan dan paket lain yang dilarang
dalam undang-undang. Orang yang menggunakan jasa GrabExpress dapat melacak dan
memantau pengiriman serta membagikan lokasi pengiriman ke penerima menggunakan
fitur “Share My Ride”.
Ada 4 alasan utama kenapa
harus menggunakan layanan GrabTaxi, yaitu :
· Mudah; hanya perlu melakukan 3 tahap yaitu: Buka aplikasi
GrabTaxi, masukkan lokasi penjemputan dan tujuan, lalu pilih layanan
GrabExpress.
· Aman; barang yang dikirim terasuransikan sampai senilai
Rp. 2.000.000, para bikers GrabExpress pun sudah terlatih untuk mengantarkan
barang dengan baik dan aman.
· Pasti; kita dapat mengetahui profil biker yang akan
mengantarkan barang beserta nomor telepon dan plat nomor kendaraannya,
perkiraan waktu tiba, dan estimasi harga yang pasti. Kita juga bisa menggunakan
fitur “Share My Ride” untuk melacak proses pengiriman barang. Grab juga
menyediakan E-Receipt dalam setiap proses pengiriman paket.
· Cepat; kita tidak perlu menunggu lama lagi karena barang
akan dikirimkan dan sampai pada hari yang sama.
Cara pembayaran
layanan GrabExpress :
Apabila yang
memesan layanan GrabExpress melalui aplikasi GrabTaxi adalah sang Pengirim,
maka jasa layanan dibayar sebelum pengantaran paket oleh si Pengirim. Namun,
jika yang memesan adalah si Penerima, maka si Penerima akan membayar biaya
layanan setelah paket diantar. Saat memesan layanan GrabExpress melalui
aplikasi GrabTaxi:
Off-peak hour: Rp.
2.500 per km, minimum tarif Rp. 12.000
Peak hour: Rp.
3.000 per km, minimum tarif Rp. 25.000
Untuk peak hour
sendiri dibagi menjadi 2 periode selama hari Senin-Jumat:
6:00AM – 9:00AM
4:00PM – 7:00PM
5. GrabFood
Layanan Grab yang
satu ini memungkinkan penggunanya dapat memesan makanan dengan hanya berdiam di
tempat. Grab menjalin kerjasama dengan restoran terbaik yang akan memuaskan
selera para pecinta kuliner. GrabFood dapat digunakan setiap hari mulai pukul
10:00 – 23:59 (pesanan terakhir) dan sudah beroperasi aktif di seluruh area
JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).
Saat ini, GrabFood
memberlakukan tarif GRATIS pada setiap pengantaran. Perubahan harga pengantaran
maupun promo restoran akan selalu diinformasikan kepada para pengguna melalui
aplikasi. Jenis makanan yang dapat dipesan pun bervariasi, baik makanan
Indonesia, Barat, Asia, Eropa dan lain sebagainya. GrabFood juga menyediakan
beberapa pilihan makanan kaki lima lokal terbaik di Jakarta yang dapat dipesan.
GrabFood juga menyediakan fitur pelacakan secara real-time untuk mengetahui
sampai dimana pesanan makanan yang dipesan, baik posisi dan estimasi waktu
kedatangan pesanan. Jika di peta posisi pengemudi tidak berubah, kamu dapat
langsung menghubungi nomor telepon pengemudi yang tertera di aplikasi. Apabila
kita merasa tidak puas dengan kondisi makanan atau kualitas pengantarannya,
kita dapat menghubungi layanan pelanggan Grab di (021) 8064877.
6. GrabHitch
Car
GrabHitch (Nebeng)
Car adalah produk layanan tebengan mobil dari Grab Indonesia dengan harga
terjangkau sambil mengurangi polusi. GrabHitch akan mencari pengemudi dan
dicocokkan dengan calon penumpang dengan arah/rute yang sama. Yang membedakan
GrabHitch dengan layanan Grab lainnya yaitu jika GrabBike, GrabTaxi dan GrabCar
merupakan layanan jasa sewa taksi berdasarkan sistem lokasi yang mencarikan
kendaraan terdekat ke penumpang. Sementara itu, GrabHitch merupakan layanan
dengan sistem terjadwal dimana sistem akan mencocokkan antara pengemudi dengan
penumpang dengan arah/rute yang sama. Dan juga dalam GrabHitch, tidak ada biaya
lain seperti tol atau biaya tambahan lain karena semua biaya sudah dihitung dan
diperlihatkan di awal perjalanan sehingga tidak ada biaya tambahan yang
dibebankan kepada penumpang. Penumpang hanya akan membayar tarif yang muncul di
aplikasi begitu memasukkan info lokasi. Apabila pengemudi datang tapi ternyata
pengemudi dan nomor platnya berbeda dari yang tertera di aplikasi, sebaiknya
untuk tidak menaiki kendaraan tersebut. Hati-hati. Laporkan kejadian tersebut
ke +6221 8064 8777 (helpline) atau support.id@grab.com. Jika penumpang membawa banyak bawaan dan
koper, harap masukkan di bagian “Pesan untuk Pengemudi” sebelum kamu melakukan
pemesanan.
7. GrabHitch Bike
GrabHitch adalah produk
layanan tebengan motor dari Grab Indonesia dengan harga terjangkau sambil
mengurangi polusi. GrabHitch akan mencari pengemudi dan dicocokkan dengan calon
penumpang dengan arah/rute yang sama. Kita bisa membuat pemesanan via aplikasi Grab pada bagian GrabHitch.
Cukup atur titik penjemputan dan lokasi tujuan. Lalu, buat perjalanan mulai
dari 30 menit sampai bisa diatur 7 hari ke depan. Pilih Pesan dan server akan
mencocokkan dengan pengemudi yang memiliki rute dan jadwal yang sama.
Begitu ada pengemudi yang menerima, kita akan
diberitahu melalui SMS dan notifikasi dalam aplikasi. Akan ada pengingat dalam
30 menit sebelum kamu menjadwalkan waktu kedatangan. Pemesanan dalam jumlah
tidak terbatas per harinya. Biaya/tarif
perjalanan dihitung berdasarkan dari titik penjemputan dan lokasi tujuan. Tarif
akan muncul di aplikasi begitu kita
memasukkan info lokasi. Untuk tahap awal, layanan
GrabHitch baru tersedia di Jabodetabek, namun Grab sedang berusaha untuk terus ekspansi agar semua orang bisa menikmati layanan GrabHitch.
8. GrabShare
GrabShare adalah
layanan berbagi perjalanan berdasar permintaan, yang memungkinkan Anda berbagi
perjalanan dan tarif dengan penumpang lain yang mempunya tujuan yang sama.
Tarif GrabShare adalah sebagian dari total tarif GrabCar biasanya, dan Anda
akan lebih hemat hingga 50% untuk setiap perjalanan. Dengan berbagi perjalan
ini, Anda juga dapat mengurangi polusi udara. GrabShare menjamin maksimum hanya
2 (dua) pemesanan dalam GrabShare, sehingga lebih nyaman untuk Anda dan membuat
perjalanan menjadi tidak terlalu lama. Keuntungan melakukan perjalanan dengan
GrabShare :
- Berbagi
perjalanan bayarnya lebih hemat karena Anda juga berbagi tarif
- Berbagi
perjalanan kapanpun, kemanapun Anda mau
- Berbagi perjalanan dengan penumpang lain sambil mengurangi polusi udara di lingkungan Anda. Dan tarifnya juga tetap sehingga Anda akan bisa mengetahui tarif Anda sebelum naik GrabShare dan mitra pengemudinya juga professional dan mementingkan keselamatan selama di perjalanan serta kebebasan untuk menggunakan metode pembayaran dengan tunai atau GrabPay.
- Berbagi perjalanan dengan penumpang lain sambil mengurangi polusi udara di lingkungan Anda. Dan tarifnya juga tetap sehingga Anda akan bisa mengetahui tarif Anda sebelum naik GrabShare dan mitra pengemudinya juga professional dan mementingkan keselamatan selama di perjalanan serta kebebasan untuk menggunakan metode pembayaran dengan tunai atau GrabPay.
9. GrabRental
GrabRental adalah layanan rental
online yang memudahkan pelanggan untuk melakukan pemesanan mobil selama minimal
6 jam (termasuk pengemudi dan bahan bakar) dari lokasi penjemputan menuju
beberapa lokasi sesuai dengan coverage area yang telah ditentukan oleh Grab.
Tarif GrabRental yaitu Rp. 340.000 untuk 6 jam perjalanan,
sudah termasuk bahan bakar dan pengemudi. Biaya tersebut tidak termasuk tiket
tol, tiket masuk wisata, biaya parkir, dll. Perjalanan yang lebih dari 6 jam
akan dikenakan biaya sebesar Rp 60,000 per jam. Saat ini coverage area
GrabRental berlaku untuk wilayah Bandung (Kota Bandung, Lembang, Cimahi,
Soreang, Ciwidey, Pangalengan) dan Yogyakarta (DI Yogyakarta, Magelang, Klaten,
Surakarta/Solo). Pelanggan dapat melakukan
pemesanan/booking di awal sampai 7 hari sebelum waktu pemesanan, tetapi
pelanggan tidak dapat melakukan pemesanan/booking
kurang dari 1 jam sebelumnya.
D. LANGKAH-LANGKAH
MENGGUNAKAN APLIKASI GRAB
Mitra / Pengemudi
Mitra / Pengemudi
1. Mulai;
Buka aplikasi untuk mulai mendapat pekerjaan
2. Terima
pekerjaan; Terima pekerjaan untuk mendapatkan informasi akan penumpang yang
akan dijemput.
3. Penjemputan
penumpang; Navigasi menggunakan sistem GPS memberikan informasi lengkap dimana
penumpang harus dijemput.
4. Penurunan
penumpang; Klik penurunan penumpang “Drop Off” setelah kamu tiba di tujuan dan
mengoleksi biaya perjalanan.
Penumpang
Penumpang
1. Buka
aplikasi Grab
2. Pilih
layanan yang diinginkan; Lokasi akan terdeteksi secara otomatis, lalu masukkan tujuan dan dapatkan perkiraan biaya perjalanan.
3. Mendapatkan
pengemudi terdekat; Setelah mengkonfirmasi pesanan, pengemudi yang terdekat
akan terinfo dan kamu dapat lihat konfirmasi mereka secara langsung.
4. Pengemudi
yang terpilih; Kamu akan mendapatkan konfirmasi akan pengemudi yang akan menjemput
dalam satu menit.
5. Lacak
pengemudi kamu; Kenali pengemudi, lacak ketika dia menuju lokasi penjemputan
dan bagi info kepada yang terkasih untuk ikut melacak perjalanan kamu.
E. ANALISA SWOT
Strengths
Strengths
Penyedia layanan transportasi online seperti Grab memiliki
tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia khususnya bagi pengguna layanan
Grab karena dengan hanya menggunakan aplikasi di smartphone yang kita miliki,
kita dapat memesan layanan transportasi dengan hanya menunggu di rumah atau
titik penjemputan yang kita inginkan. Layanan transportasi yang disediakan pun
beragam jenisnya, bukan hanya jasa transportasi untuk berpindah dari lokasi
satu ke lokasi yang lain namun kita bisa memesan makanan dan minuman tanpa
harus keluar rumah, kita juga bisa mengirim barang/paket tanpa harus
mengunjungi agen pengiriman, dsb. Harga yang diberikan Grab pun cukup bersaing
dari penyedia layanan jasa transportasi sejenis yang ada di Indonesia.
Dari segi driver atau mitra Grab sendiri, penghasilan
yang didapatkan pun cukup lumayan dengan waktu kerja yang fleksibel. Tak hanya
itu, Grab memberikan insentif atau bonus bagi para Mitra Grab yang berhasil
memperoleh pemesanan di jam-jam sibuk yang ditentukan oleh Grab. Semakin banyak
Mitra mendapatkan pemesanan di jam-jam sibuk, semakin besar pula insentif yang
diperoleh oleh Mitra.
§ Weakness
Dengan
hadirnya Grab di Indonesia, masih banyak masyarakat yang enggan menggunakan
layanan Grab dikarenakan mereka menganggap driver yang akan mengantarkan mereka
ke suatu tempat merupakan orang lain yang tidak mereka kenal sama sekali
asal-usulnya. Sedangkan, jika ojeg pangkalan biasanya adalah penduduk sekitar yang
sudah diketahui dan dikenal sebelumnya.
Beberapa
kasus kejahatan yang dilakukan oleh Mitra Grab membuat masyarakat khawatir
menggunakan layanan Grab, hal ini menjadi perhatian bagi Grab Indonesia agar
kejadian tersebut tidak terulang dan kepercayaan masyarakat terhadap layanan
transportasi online dapat kembali meningkat.
§ Opportunity
Sebagai salah satu penyedia layanan
transportasi online terbesar di Indonesia dan negara-negara lainnya, tentunya
kehadiran Grab akan semakin diterima di masyarakat dengan segala kelebihan yang
dimiliki. Grab juga memberikan peluang yang besar bagi masyarakat untuk
meningkatkan taraf hidup mereka menjadi lebih baik dengan bergabung menjadi
Mitra Grab. Dengan program Grab Loyalty
Rewards yang dimiliki Grab, pengguna aplikasi Grab akan semakin loyal atau
setia menggunakan Grab sebagai penyedia layanan transportasi online favorit
mereka. Karena, selain mereka diberikan kenyamanan saat melakukan perjalanan
menggunakan Grab, mereka juga diuntungkan dalam bentuk point yang bisa
ditukarkan untuk mendapatkan diskon di merchant-merchant yang bekerjasama
dengan Grab.
§ Threat
Di Indonesia sendiri, Grab bukanlah
penyedia layanan tranportasi online pertama dan satu-satunya yang ada di
Indonesia. Sehingga persaingan yang terjadi sangat begitu ketat antara Grab
dengan penyedia layanan transportasi online lainnya. Bahkan ada perusahaan
sejenis yang memberikan dasar tarif lebih murah dari harga pasaran. Munculnya
perusahaan sejenis Grab di Indonesia yang menawarkan kelebihannya masing-masing
juga membuat Grab harus bekerja keras guna menjaga eksistensi Grab di
Indonesia.
Terlebih lagi saat ini di beberapa daerah
di Indonesia melarang masuknya layanan transportasi online yang membuat Grab
harus pintar dalam mencari cara lain agar dapat terus menjangkau seluruh daerah
di Indonesia.
BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN
A. KESIMPULAN
Grab adalah aplikasi penyedia layanan transportasi online yang
memberikan keamanan serta kenyamanan bagi pengguna kendaraan seantero Asia
Tenggara. Beberapa layanan yang ditawarkan oleh Grab yaitu; GrabBike, GrabCar,
GrabTaxi, GrabExpress, Grab Food, GrabHitch Car, GrabHitch Bike, GrabShare dan
Grab Rental. Saat ini di Indonesia, Grab sudah hadir di berbagai kota-kota
besar sehingga Grab dapat menjangkau siapa pun yang ingin merasakan sensasi
berbeda berkendara bersama Grab.
B. SARAN
Sebagai penyedia layanan
transportasi online terbesar di Asia Tenggara, Grab diharapkan dapat memenuhi
keinginan dan kebutuhan para penggunanya dalam bidang transportasi dan tetap
berkomitmen untuk menyediakan layanan tranportasi yang aman, nyaman dan
terjangkau. Seiring dengan perkembangan Grab yang semakin pesat, besar harapan kami
untuk Grab agar kedepannya lebih meningkatkan kualitas baik dari segi platform
aplikasinya maupun driver atau mitra yang bekerjasama dengan Grab.
DAFTAR PUSTAKA
2 Comments
terimakasih kak, sangat membantu dan ngak pelit juga diijini copy juga heheh
ReplyDeletesemangat ya kak buat blog selanjutnya. Fighting :v
terimakasih atas infonya
ReplyDeletelampu service hp