MY HOMEWORK : MELAKUKAN ANALISA TERHADAP "GRAB"

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada penulis sehingga kami dapat menyelesaikan makalah E-Commerce mengenai “Analisa Terhadap Grab” ini dengan lancar.

Makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas kelompok Mata Kuliah E-Commerce jurusan Manajemen semester 5, STIE Insan Pembangunan. Makalah ini dapat disusun dan diselesaikan dengan bantuan dari berbagai pihak, baik dari dosen pembimbing, orang tua dan rekan-rekan. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan makalah ini sehingga makalah ini dapat diselesaikan dengan baik.

 Semoga dengan disusunnya makalah ini dapat bermanfaat bagi kami dan khususnya bagi pembaca. Kami menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini sangat jauh dari sempurna, untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun agar menjadi lebih baik di hari yang akan datang.


BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Perkembangan teknologi komunikasi yang cukup pesat memberikan perubahan sosial masyarakat. Banyak bisnis mulai bermunculan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi tersebut, salah satunya adalah kemunculan bisnis penyedia layanan jasa transportasi online. Adanya transportasi online ternyata memberikan solusi dan menjawab berbagai kekhawatiran masyarakat akan layanan transportasi umum. Kemacetan ibukota dan ketakutan masyarakat dengan keamanan transportasi umum sudah dijawab dengan kehadiran transportasi online yang memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya.

Kehadiran transportasi online merupakan penerapan teknologi komunikasi tepat guna di saat masyarakat membutuhkan sarana transportasi yang aman dan bisa menjadi solusi saat macet. Terlebih lagi, dengan penggabungan layanan transportasi dengan kecanggihan teknologi Internet sehingga masyarakat lebih mudah melakukan pemesanan, mengetahui rate biaya transportasi, lokasi tujuan dan identifikasi driver yang merupakan suatu bentuk inovasi baru dalam dunia bisnis transportasi. Salah satu perusahaan jasa penyedia layanan transportasi online berbasis aplikasi yaitu Grab, perusahaan yang berasal dari Malaysia ini berhasil membawa Grab sebagai salah satu penyedia layanan transportasi online terbesar di Indonesia dan juga negara-negara lain di Asia Tenggara.





B.     RUMUSAN MASALAH
  1. Bagaimana sejarah munculnya Grab dan pengertian Grab itu sendiri?
  2. Apa saja pendekatan Grab untuk menciptakan platform transportasi yang aman?
  3. Apa saja layanan transportasi yang disediakan oleh Grab?
  4. Bagaimana langkah-langkah menggunakan aplikasi Grab?
  5. Bagaimana prospek Grab menggunakan analisa SWOT?






BAB II
PEMBAHASAN

A.    SEJARAH DAN PENGERTIAN GRAB
Pada tahun 2012 dikabarkan ada sekolompok teman yang sedang menikmati teh bersama. Seperti warga Asia Tenggara pada umumnya, mereka mulai mengeluh tentang sulitnya mendapat taksi. Namun setelah itu, mereka melakukan sesuatu yang tidak biasa. Mereka memutuskan untuk menyelesesaikan masalah ini. Mereka merupakan inisiator kami, Grab (yang saat itu dikenal sebagai MyTeksi). Dalam waktu yang singkat, tujuan sederhana kami bertransformasi menjadi sesuatu yang lebih besar – membuat Asia Tenggara jadi tempat yang lebih baik.


Grab (sebelumnya dikenal sebagai GrabTaxi) adalah sebuah perusahaan asal Singapura yang melayani aplikasi penyedia transportasi dan tersedia di enam negara di Asia Tenggara yakni, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Thailand. Grab memiliki visi untuk merevolusi industri pertaksian di Asia Tenggara, sehingga dapat memberikan keamanan serta kenyamanan bagi pengguna kendaraan seantero Asia Tenggara. Hingga bulan Maret 2015, jumlah pengguna Grab mencapai 3,8 juta pengguna. Grab tersedia untuk sistem operasi Android, iOS dan BlackBerry.

B.  PENDEKATAN YANG DILAKUKAN GRAB
      Beberapa pendekatan yang diterapkan grab untuk menciptakan platform transportasi yang aman :
       -  Penyaringan
          Setiap pengemudi dan kendaraan akan dicek saat registrasi dan wajib mempertahankan bintang penilaian di atas standar minimum yang telah ditetapkan.
       -  Pelatihan dan Kode Etik
          Grab senantiasa meningkatkan sistem pelatihan dan Kode Etik untuk memastikan layanan yang terbaik.
      -  Fitur Kemanan
         Grab terus berinovasi demi kemanan Anda. Bahkan, kami memperkenalkan fitur “Share My Ride” yang pertama di industri.
      -  Asuransi dan Bantuan 24 Jam
         Grab melindungi  Anda dengan tambahan proteksi Kecelakaan Pribadi, Call Center 24 Jam dan Tim Tanggap Darurat.



Semua orang harus memiliki akses terhadap transportasi.
Karena bagi Grab, transportasi adalah hak, bukan keistimewaan. Itu sebabnya Grab bekerja sangat keras dalam menciptakan platform yang mendukung segala kebutuhan Anda, tanpa memandang pendapatan, usia, dan kebutuhan khusus:
-     Pilihan
Apakah itu taksi, mobil, sepeda motor atau kendaraan lainnya, semua perjalanan dipatok dengan harga yang tepat . Jadi ada pilihan untuk segala kebutuhan.
-     Pintu ke Pintu
Kami percaya transportasi dari pintu ke pintu dapat dijangkau oleh semua orang. Bukan hanya karena itu adalah sesuatu yang menyenangkan. Tapi karena bagi orang berkebutuhan khusus hal ini adalah sesuatu yang wajib dimiliki.
-     Dimanapun, kapanpun
Mulai dari berangkat kerja di pagi hari, sampai pulang setelah bergaul, Grab berencana untuk selalu ada bagi Anda.

C.    LAYANAN YANG DISEDIAKAN GRAB
   1.GrabBike
GrabBike beroperasi selama 24 jam dari Senin sampai Minggu dan saat ini GrabBike sudah beroperasi di area JADETABEK (Jakarta, Depok, Tangerang Selatan & Kota Bekasi). Penumpang yang menggunakan GrabBike akan mendapatkan harga yang pasti serta masker & pelindung kepala secara GRATIS.

   2.GrabCar
GrabCar beroperasi selama 24 jam setiap hari dan 7 hari dalam seminggu dengan biaya minimum untuk menggunakan layanan GrabCar adalah Rp. 10.000. Saar ini, GrabCar sudah beroperasi di Jakarta dan sekitarnya serta Denpasar dan sekitarnya. Tak perlu khawatir biaya akan lebih besar jika terjebak macet saat menggunakan GrabCar karena biaya perjalanan tidak akan pernah berubah, penumpang hanya membayar biaya sesuai dengan yang tertera di aplikasi ketika melakukan pemesanan. Maksimum jumlah penumpang dalam GrabCar adalah 6 orang atau tergantung dengan jumlah kursi penumpang yang tersedia. Apabila jumlah penumpang melebihi batas, GrabCar tidak akan menambahkan biaya tetapi pengemudi mempunyai hak untuk menolak permintaan bila jumlah maksimal penumpang melewati batas. Mobil yang disediakan pun beragam, sebagian besar dari GrabCar adalah berjenis MPV dan Family Car. Untuk Anda yang ingin membatalkan perjalanan yang sudah dipesan, GrabCar tidak menerapkan biaya pembatalan, tetapi disarankan untuk menginformasikan pengemudi bila adanya pembatalan agar pengemudi tidak mengarah menuju lokasi penjemputan.

   3.GrabTaxi
GrabTaxi beroperasi selama 24 jam setiap hari dan 7 hari dalam seminggu. GrabCar sudah beroperasi di JADETABEK (Jakarta, Depok, Tangerang Selatan dan Kota Bekasi), Bandung, Padang dan Surabaya. Berbeda dengan GrabCar dimana penumpang membayar tarif yang tercantum di aplikasi, GrabTaxi mengharuskan penumpang membayar sesuai dengan argo dalam taksi sedangkan tarif yang tertulis di aplikasi hanyalah estimasi biaya perjalanan yang harus dikeluarkan oleh penumpang pada saat akan menggunakan layanan GrabTaxi. Tidak ada biaya pemesanan yang dikenakan bagi penumpang tetapi ada biaya tambahan lain yang menjadi tanggung jawab penumpang dan harus dibayarkan oleh penumpang seperti biaya parkir, tol dll. Jenis taksi yang akan didapat saat memesan GrabTaxi merupakan taksi resmi yang telah bermitra dengan Grab. Para pengemudi yang terdaftar pun telah terseleksi, berlisensi dan telah melalui pelatihan keselamatan/safety training.

4.   GrabExpress
GrabExpress adalah layanan kurir secara kilat dan aman menggunakan GrabBike yang dapat dipesan melalui aplikasi Grab. GrabExpress dapat digunakan setiap hari selama 24 jam dan dapat digunakan untuk mengirimkan dokumen penting, jas hujan yang tertinggal hingga pengiriman pesananmu dari online shop favoritmu. GrabExpress tidak menerima pengiriman barang pecah-belah yang tidak dikemas dengan baik, makanan maupun minuman yang membutuhkan pendingin ataupun penanganan khusus, minuman beralkohol, obat-obatan, perhiasan, uang tunai ataupun benda lain yang dilarang oleh ketentuan undang-undang yang berlaku di Indonesia. GrabExpress sudah beroperasi di seluruh JADETABEK (Jakarta, Depok, Tangerang Selatan dan Kota Bekasi). Apabila terjadi kerusakan selama proses pengiriman oleh GrabExpress, segera laporkan ke customer service melalui pengiriman email ke support.id@grab.com. Jangan lupa untuk mencantumkan nomor booking serta nomor telepon yang dapat dihubungi. Untuk keperluan asuransi, laporan sudah harus masuk ke customer service Grab paling lama 3 x 24 jam dari proses booking. Seluruh pengiriman paket melalui GrabExpress terasuransikan hingga Rp. 10.000.000 kecuali beberapa jenis barang yang tidak bisa diasuransikan seperti:
Kertas dan dokumen, voucher, kupon, giro, barang antik, barang pecah belah, cairan dan bahan kimia, senjata, makanan, minuman, buah dan sayuran segar, karangan bunga, barang mudah meledak/terbakar, alkohol dan obat terlarang, binatang hidup, uang kas, barang paket yang melebihi ukuran yang direkomendasikan dan paket lain yang dilarang dalam undang-undang. Orang yang menggunakan jasa GrabExpress dapat melacak dan memantau pengiriman serta membagikan lokasi pengiriman ke penerima menggunakan fitur “Share My Ride”.

Ada 4 alasan utama kenapa harus menggunakan layanan GrabTaxi, yaitu :
·    Mudah; hanya perlu melakukan 3 tahap yaitu: Buka aplikasi GrabTaxi, masukkan lokasi penjemputan dan tujuan, lalu pilih layanan GrabExpress.
·   Aman; barang yang dikirim terasuransikan sampai senilai Rp. 2.000.000, para bikers GrabExpress pun sudah terlatih untuk mengantarkan barang dengan baik dan aman.
·    Pasti; kita dapat mengetahui profil biker yang akan mengantarkan barang beserta nomor telepon dan plat nomor kendaraannya, perkiraan waktu tiba, dan estimasi harga yang pasti. Kita juga bisa menggunakan fitur “Share My Ride” untuk melacak proses pengiriman barang. Grab juga menyediakan E-Receipt dalam setiap proses pengiriman paket.
·   Cepat; kita tidak perlu menunggu lama lagi karena barang akan dikirimkan dan sampai pada hari yang sama.

Cara pembayaran layanan GrabExpress :
Apabila yang memesan layanan GrabExpress melalui aplikasi GrabTaxi adalah sang Pengirim, maka jasa layanan dibayar sebelum pengantaran paket oleh si Pengirim. Namun, jika yang memesan adalah si Penerima, maka si Penerima akan membayar biaya layanan setelah paket diantar. Saat memesan layanan GrabExpress melalui aplikasi GrabTaxi:
Off-peak hour: Rp. 2.500 per km, minimum tarif Rp. 12.000
Peak hour: Rp. 3.000 per km, minimum tarif Rp. 25.000

Untuk peak hour sendiri dibagi menjadi 2 periode selama hari Senin-Jumat:
6:00AM – 9:00AM
4:00PM – 7:00PM

5.   GrabFood
Layanan Grab yang satu ini memungkinkan penggunanya dapat memesan makanan dengan hanya berdiam di tempat. Grab menjalin kerjasama dengan restoran terbaik yang akan memuaskan selera para pecinta kuliner. GrabFood dapat digunakan setiap hari mulai pukul 10:00 – 23:59 (pesanan terakhir) dan sudah beroperasi aktif di seluruh area JABODETABEK (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi).
Saat ini, GrabFood memberlakukan tarif GRATIS pada setiap pengantaran. Perubahan harga pengantaran maupun promo restoran akan selalu diinformasikan kepada para pengguna melalui aplikasi. Jenis makanan yang dapat dipesan pun bervariasi, baik makanan Indonesia, Barat, Asia, Eropa dan lain sebagainya. GrabFood juga menyediakan beberapa pilihan makanan kaki lima lokal terbaik di Jakarta yang dapat dipesan. GrabFood juga menyediakan fitur pelacakan secara real-time untuk mengetahui sampai dimana pesanan makanan yang dipesan, baik posisi dan estimasi waktu kedatangan pesanan. Jika di peta posisi pengemudi tidak berubah, kamu dapat langsung menghubungi nomor telepon pengemudi yang tertera di aplikasi. Apabila kita merasa tidak puas dengan kondisi makanan atau kualitas pengantarannya, kita dapat menghubungi layanan pelanggan Grab di (021) 8064877.

6.   GrabHitch Car
GrabHitch (Nebeng) Car adalah produk layanan tebengan mobil dari Grab Indonesia dengan harga terjangkau sambil mengurangi polusi. GrabHitch akan mencari pengemudi dan dicocokkan dengan calon penumpang dengan arah/rute yang sama. Yang membedakan GrabHitch dengan layanan Grab lainnya yaitu jika GrabBike, GrabTaxi dan GrabCar merupakan layanan jasa sewa taksi berdasarkan sistem lokasi yang mencarikan kendaraan terdekat ke penumpang. Sementara itu, GrabHitch merupakan layanan dengan sistem terjadwal dimana sistem akan mencocokkan antara pengemudi dengan penumpang dengan arah/rute yang sama. Dan juga dalam GrabHitch, tidak ada biaya lain seperti tol atau biaya tambahan lain karena semua biaya sudah dihitung dan diperlihatkan di awal perjalanan sehingga tidak ada biaya tambahan yang dibebankan kepada penumpang. Penumpang hanya akan membayar tarif yang muncul di aplikasi begitu memasukkan info lokasi. Apabila pengemudi datang tapi ternyata pengemudi dan nomor platnya berbeda dari yang tertera di aplikasi, sebaiknya untuk tidak menaiki kendaraan tersebut. Hati-hati. Laporkan kejadian tersebut ke +6221 8064 8777 (helpline) atau support.id@grab.com. Jika penumpang membawa banyak bawaan dan koper, harap masukkan di bagian “Pesan untuk Pengemudi” sebelum kamu melakukan pemesanan.

7.   GrabHitch Bike
GrabHitch adalah produk layanan tebengan motor dari Grab Indonesia dengan harga terjangkau sambil mengurangi polusi. GrabHitch akan mencari pengemudi dan dicocokkan dengan calon penumpang dengan arah/rute yang sama. Kita bisa membuat pemesanan via aplikasi Grab pada bagian GrabHitch. Cukup atur titik penjemputan dan lokasi tujuan. Lalu, buat perjalanan mulai dari 30 menit sampai bisa diatur 7 hari ke depan. Pilih Pesan dan server akan mencocokkan dengan pengemudi yang memiliki rute dan jadwal yang sama.
Begitu ada pengemudi yang menerima, kita akan diberitahu melalui SMS dan notifikasi dalam aplikasi. Akan ada pengingat dalam 30 menit sebelum kamu menjadwalkan waktu kedatangan. Pemesanan dalam jumlah tidak terbatas per harinya. Biaya/tarif perjalanan dihitung berdasarkan dari titik penjemputan dan lokasi tujuan. Tarif akan muncul di aplikasi begitu kita memasukkan info lokasi. Untuk tahap awal, layanan GrabHitch baru tersedia di Jabodetabek, namun Grab sedang berusaha untuk terus ekspansi agar semua orang bisa menikmati layanan GrabHitch.

8.   GrabShare
GrabShare adalah layanan berbagi perjalanan berdasar permintaan, yang memungkinkan Anda berbagi perjalanan dan tarif dengan penumpang lain yang mempunya tujuan yang sama. Tarif GrabShare adalah sebagian dari total tarif GrabCar biasanya, dan Anda akan lebih hemat hingga 50% untuk setiap perjalanan. Dengan berbagi perjalan ini, Anda juga dapat mengurangi polusi udara. GrabShare menjamin maksimum hanya 2 (dua) pemesanan dalam GrabShare, sehingga lebih nyaman untuk Anda dan membuat perjalanan menjadi tidak terlalu lama. Keuntungan melakukan perjalanan dengan GrabShare :
             -   Berbagi perjalanan bayarnya lebih hemat karena Anda juga berbagi tarif
-   Berbagi perjalanan kapanpun, kemanapun Anda mau
-   Berbagi perjalanan dengan penumpang lain sambil mengurangi polusi udara di lingkungan Anda. Dan tarifnya juga tetap sehingga Anda akan bisa mengetahui tarif Anda sebelum naik GrabShare dan mitra pengemudinya juga professional dan mementingkan keselamatan selama di perjalanan serta kebebasan untuk menggunakan metode pembayaran dengan tunai atau GrabPay.

9.   GrabRental
GrabRental adalah layanan rental online yang memudahkan pelanggan untuk melakukan pemesanan mobil selama minimal 6 jam (termasuk pengemudi dan bahan bakar) dari lokasi penjemputan menuju beberapa lokasi sesuai dengan coverage area yang telah ditentukan oleh Grab. Tarif GrabRental yaitu Rp. 340.000 untuk 6 jam perjalanan, sudah termasuk bahan bakar dan pengemudi. Biaya tersebut tidak termasuk tiket tol, tiket masuk wisata, biaya parkir, dll. Perjalanan yang lebih dari 6 jam akan dikenakan biaya sebesar Rp 60,000 per jam. Saat ini coverage area GrabRental berlaku untuk wilayah Bandung (Kota Bandung, Lembang, Cimahi, Soreang, Ciwidey, Pangalengan) dan Yogyakarta (DI Yogyakarta, Magelang, Klaten, Surakarta/Solo). Pelanggan dapat melakukan pemesanan/booking di awal sampai 7 hari sebelum waktu pemesanan, tetapi pelanggan tidak dapat melakukan pemesanan/booking kurang dari 1 jam sebelumnya.

D.    LANGKAH-LANGKAH MENGGUNAKAN APLIKASI GRAB
            Mitra / Pengemudi
1.   Mulai; Buka aplikasi untuk mulai mendapat pekerjaan
2.   Terima pekerjaan; Terima pekerjaan untuk mendapatkan informasi akan penumpang yang akan dijemput.
3.  Penjemputan penumpang; Navigasi menggunakan sistem GPS memberikan informasi lengkap dimana penumpang harus dijemput.
4.  Penurunan penumpang; Klik penurunan penumpang “Drop Off” setelah kamu tiba di  tujuan dan mengoleksi biaya perjalanan.

Penumpang
1.   Buka aplikasi Grab
2.  Pilih layanan yang diinginkan; Lokasi akan terdeteksi secara otomatis, lalu masukkan tujuan dan dapatkan perkiraan biaya perjalanan.
3.  Mendapatkan pengemudi terdekat; Setelah mengkonfirmasi pesanan, pengemudi yang terdekat akan terinfo dan kamu dapat lihat konfirmasi mereka secara langsung.
4.   Pengemudi yang terpilih; Kamu akan mendapatkan konfirmasi akan pengemudi yang akan menjemput dalam satu menit.
5.   Lacak pengemudi kamu; Kenali pengemudi, lacak ketika dia menuju lokasi penjemputan dan bagi info kepada yang terkasih untuk ikut melacak perjalanan kamu.

E.     ANALISA SWOT
Strengths
Penyedia layanan transportasi online seperti Grab memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia khususnya bagi pengguna layanan Grab karena dengan hanya menggunakan aplikasi di smartphone yang kita miliki, kita dapat memesan layanan transportasi dengan hanya menunggu di rumah atau titik penjemputan yang kita inginkan. Layanan transportasi yang disediakan pun beragam jenisnya, bukan hanya jasa transportasi untuk berpindah dari lokasi satu ke lokasi yang lain namun kita bisa memesan makanan dan minuman tanpa harus keluar rumah, kita juga bisa mengirim barang/paket tanpa harus mengunjungi agen pengiriman, dsb. Harga yang diberikan Grab pun cukup bersaing dari penyedia layanan jasa transportasi sejenis yang ada di Indonesia.
Dari segi driver atau mitra Grab sendiri, penghasilan yang didapatkan pun cukup lumayan dengan waktu kerja yang fleksibel. Tak hanya itu, Grab memberikan insentif atau bonus bagi para Mitra Grab yang berhasil memperoleh pemesanan di jam-jam sibuk yang ditentukan oleh Grab. Semakin banyak Mitra mendapatkan pemesanan di jam-jam sibuk, semakin besar pula insentif yang diperoleh oleh Mitra.
§    Weakness
Dengan hadirnya Grab di Indonesia, masih banyak masyarakat yang enggan menggunakan layanan Grab dikarenakan mereka menganggap driver yang akan mengantarkan mereka ke suatu tempat merupakan orang lain yang tidak mereka kenal sama sekali asal-usulnya. Sedangkan, jika ojeg pangkalan biasanya adalah penduduk sekitar yang sudah diketahui dan dikenal sebelumnya.
Beberapa kasus kejahatan yang dilakukan oleh Mitra Grab membuat masyarakat khawatir menggunakan layanan Grab, hal ini menjadi perhatian bagi Grab Indonesia agar kejadian tersebut tidak terulang dan kepercayaan masyarakat terhadap layanan transportasi online dapat kembali meningkat.
§     Opportunity
Sebagai salah satu penyedia layanan transportasi online terbesar di Indonesia dan negara-negara lainnya, tentunya kehadiran Grab akan semakin diterima di masyarakat dengan segala kelebihan yang dimiliki. Grab juga memberikan peluang yang besar bagi masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup mereka menjadi lebih baik dengan bergabung menjadi Mitra Grab. Dengan program Grab Loyalty Rewards yang dimiliki Grab, pengguna aplikasi Grab akan semakin loyal atau setia menggunakan Grab sebagai penyedia layanan transportasi online favorit mereka. Karena, selain mereka diberikan kenyamanan saat melakukan perjalanan menggunakan Grab, mereka juga diuntungkan dalam bentuk point yang bisa ditukarkan untuk mendapatkan diskon di merchant-merchant yang bekerjasama dengan Grab.
§       Threat
Di Indonesia sendiri, Grab bukanlah penyedia layanan tranportasi online pertama dan satu-satunya yang ada di Indonesia. Sehingga persaingan yang terjadi sangat begitu ketat antara Grab dengan penyedia layanan transportasi online lainnya. Bahkan ada perusahaan sejenis yang memberikan dasar tarif lebih murah dari harga pasaran. Munculnya perusahaan sejenis Grab di Indonesia yang menawarkan kelebihannya masing-masing juga membuat Grab harus bekerja keras guna menjaga eksistensi Grab di Indonesia.
Terlebih lagi saat ini di beberapa daerah di Indonesia melarang masuknya layanan transportasi online yang membuat Grab harus pintar dalam mencari cara lain agar dapat terus menjangkau seluruh daerah di Indonesia.





BAB III
KESIMPULAN DAN SARAN

A.    KESIMPULAN
Grab adalah aplikasi penyedia layanan transportasi online yang memberikan keamanan serta kenyamanan bagi pengguna kendaraan seantero Asia Tenggara. Beberapa layanan yang ditawarkan oleh Grab yaitu; GrabBike, GrabCar, GrabTaxi, GrabExpress, Grab Food, GrabHitch Car, GrabHitch Bike, GrabShare dan Grab Rental. Saat ini di Indonesia, Grab sudah hadir di berbagai kota-kota besar sehingga Grab dapat menjangkau siapa pun yang ingin merasakan sensasi berbeda berkendara bersama Grab.

B.     SARAN
Sebagai penyedia layanan transportasi online terbesar di Asia Tenggara, Grab diharapkan dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan para penggunanya dalam bidang transportasi dan tetap berkomitmen untuk menyediakan layanan tranportasi yang aman, nyaman dan terjangkau. Seiring dengan perkembangan Grab yang semakin pesat, besar harapan kami untuk Grab agar kedepannya lebih meningkatkan kualitas baik dari segi platform aplikasinya maupun driver atau mitra yang bekerjasama dengan Grab.








DAFTAR PUSTAKA







<!– adsense –>

Post a Comment

2 Comments

  1. terimakasih kak, sangat membantu dan ngak pelit juga diijini copy juga heheh
    semangat ya kak buat blog selanjutnya. Fighting :v

    ReplyDelete